Tips Menjaga Kesehatan Balita di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit

Musim hujan sering kali memicu beberapa penyakit pada balita. Kondisi balita yang rentan terkena penyakit salah satunya disebabkan karena suhu dingin dan infeksi mikroorganisme yang dapat melemahkan imunitas balita. Penyakit yang umum dialami balita di musim hujan salah satunya adalah demam dan flu. Mekipun umum dialami oleh balita akan tetapi jangan disepelekan dikarenakan demam dapat menjadi tanda adanya infeksi yang serius apabila tidak mendapat penanganan yang tepat. Pentingnya dalam menjaga kesehatan balita di musim hujan agar tidak mudah sakit dapat anda lakukan dengan berbagai cara di bawah ini :
1.  Terapkan Makan Teratur
Salah satu cara yang mudah akan tetapi seringkali mengalami kesulitan dalam menerapkannya pada balita adalah makan teratur. Dengan membentuk pola makan yang teratur maka dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat, anda dapat mengajarkan tiga kali makan dalam sehari dengan porsi yang cukup, sehingga makanan yang akan dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C, beberapa buah dan sayur seperti jeruk, melon, pepaya sangat disarankan untuk dikonsumsi pada saat musim hujan.
2.  Biasakan Untuk Istirahat Pada Siang Hari
Balita seringkali bergembira ketika hujan mulai turun, bahkan tak heran jika keinginan terbesarnya adalah bergembira, berjingkrak di bawah hujan sehingga penting sekiranya untuk anda membatasi waktu bermain anak-anak, terutama menyisakan waktu ketika siang hari untuk istirahat. Biasakan untuk tidur di siang hari. Manfaat yang di dapatkan ketika tidur siang adalah mampu mencegah balita terlalu lelah dan menunjang pertumbuhannya. Hal paling utama adalah sistem kekebalan tubuh anak menjadi meningkat, sehingga pastikan anak anda memiliki pola tidur yang baik ketika musim hujan.
3.  Lakukan Olahraga yang Menyenangkan
Dalam menjaga kesehatan anak anda sebaiknya melakukan kegiatan aktif yang menyenangkan. Olahraga yang menyenangkan dapat dilakukan di dalam ruangan, mengingat musim hujan tidak memungkinkan anak anda bermain di luar ruangan terlalu lama. Anda dapat melakukan lompat tali, senam dengan gerakan yang menyenangkan atau sekedar menari-nari.
4.  Sering Mencuci Tangan
Hal terpenting dalam menjaga kesehatan di musim hujan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Perhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan yang dapat meningkatkan resiko anak mengalami diare, anak anda untuk membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum menyentuh makanan, setelah buang air kecil atau buang air besar dan juga setelah memegang hewan peliharaan. Ajarkan cara yang tepat dengan menggosok ke seluruh permukaan di mulai tangan, kuku kuku dan jari tangan kurang lebih 30 detik.
5.  Minum susu pagi dan malam hari
Anda dapat membiasakan untuk minum susu, dua gelas setiap hari yaitu pada pagi dan malam hari. Kandungan susu yang kaya akan nutrisi terutama protein akan membantu dalam menjaga kesehatan di musim hujan selain itu nutrisi susu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menurunkan resiko flu dan demam yang seringkali menyerang di musim hujan.


Sumber : Tips Menjaga Kesehatan Balita di Musim Hujan Agar Tidak Mudah Sakit http://bidanku.com/tips-menjaga-kesehatan-balita-di-musim-hujan-agar-tidak-mudah-sakit#ixzz3JDcbAT2v

Entri yang Diunggulkan

Foto: Beda Gaya Istri Bos Facebook Vs Bos First Travel

Foto: Beda Gaya Istri Bos Facebook Vs Bos First Travel Jakarta  - Gaya istri bos First Travel Anniesa Hasibuan terlihat sangat glamor dikel...